Posted by: herievedder | March 25, 2008

Sukses di dunia bukanlah sebuah tujuan akhir hidup

Success

Ustadz Aam Amiruddin dalam kitabnya “Tafsir Al-Qur’an Kontemporer mengatakan bahwa, pada ayat ini Allah SWT menyebutkan kata nashr (pertolongan) sebelum kata fath (kemenangan). Ini merupakan peringatan penting agar kita tidak takabur saat meraih kesuksesan karena pada dasarnya manusia cenderung menepuk dada ketika kesuksesan demi kesuksesan dapat diraihnya. Kita sering beranggapan bahwa kemenangan atau kesuksesan itu murni karena kehebatan dan kerja keras. Padahal, sehebat apapun diri kita, sebesar apapun kerja keras kita, tanpa pertolongan Allah SWT., hasilnya pasti nihil.

Pernyataan tersebut tidak bermaksud menafikan kerja keras. Kerja keras dan kerja cerdas merupakan komponen penting dalam meraih kesuksesan atau kemenangan. Yang ingin ditekankan yaitu, perlu adanya kesadaran bahwa dalam setiap kemenangan atau kesuksesan, apakah itu kesuksesan studi, bisnis, mendidik anak, karier, pasti didalamnya terdapat pertolongan Allah SWT.

Brur en sis sekalian, hati-hati dalam bercermin, hidup didunia ini sementara, jadikanlah dunia ini sebagai jembatan akhirat sebagaimana yang dikatakan oleh Dr. Aidh bin Abdullah Al-Qarni,
“Dunia adalah jembatan akhirat. Oleh karena itu, seberangilah ia dan janganlah Anda menjadikannya sebagai tujuan. Tidaklah berakal orang yang membangun gedung-gedung di atas jembatan”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: